APPLICATION SERVICE LIBRARY

Aplikasi Layanan Perpustakaan (ASL) merupakan kerangka kerja domain publik dari praktik terbaik yang digunakan untuk standarisasi proses dalam Aplikasi Manajemen, disiplin memproduksi dan memelihara sistem informasi dan aplikasi. Istilah "perpustakaan" digunakan karena ASL disajikan sebagai satu set buku yang menggambarkan praktik-praktik terbaik dari industri TI. Hal ini dijelaskan dalam beberapa buku dan artikel (kebanyakan dari mereka hanya tersedia dalam bahasa Belanda) dan di situs resmi ASL BiSL Foundation.
Kerangka ASL dikembangkan karena ITIL, dipeluk oleh departemen infrastruktur TI, terbukti tidak memadai untuk Manajemen Aplikasi. Pada waktu itu, ITIL tidak memiliki pedoman khusus untuk aplikasi desain, pengembangan, pemeliharaan dan dukungan. Versi ITIL baru, terutama V3, semakin membahas Pengembangan Aplikasi dan Aplikasi Manajemen domain; ASL BiSL Foundation telah menerbitkan sebuah kertas putih membandingkan ITIL v3 dan ASL

ASL dikembangkan pada akhir tahun 90an di Belanda, awalnya sebagai model R2C proprietary yang berkembang menjadi ASL pada tahun 2000. Pada tahun 2001, disumbangkan oleh IT Service Provider PinkRoccade ke ASL Foundation, sekarang ASL BiSL Foundation. Versi ASL2 diterbitkan pada tahun 2009.

Tujuan Application Service Library
ASL2 ini dimaksudkan untuk mendukung Manajemen Aplikasi dengan menyediakan alat-alat. Dua kategori utama bantu didefinisikan sebagai berikut:
  1. Deskripsi dari proses untuk Manajemen Aplikasi. Ditambah penggunaan praktek-praktek terbaik.
  2. Terminologi standar, menghindari perangkap berbicara tentang topik yang berbeda saat menggunakan kata-kata yang sama.
Ada 4 proses dalam cluster Dukungan Aplikasi. Proses dalam cluster Organisasi Layanan mendukung penggunaan sehari-hari dari sistem informasi. Proses dalam cluster ini ialah sebagai berikut:
  1. Use Support
  2. Configuration Management
  3. IT Operation Management
  4. Continuity Management
Aplikasi Pemeliharaan dan Renewal Cluster 
Ada 5 proses dalam Pemeliharaan Aplikasi dan Renewal cluster. Dalam cluster ini, mayoritas pekerjaan Pengembangan Aplikasi dilakukan. Sebagian besar karya Manajemen Aplikasi berkaitan dengan merancang, pemrograman dan juga pengujian aplikasi dan sistem informasi. Proses tersebut antara lain sebagai berikut:
  1. Dampak analisis
  2. Desain 
  3. Realisasi
  4. Pengujian
  5. Pelaksanaan

Tingkat Strategis
Aplikasi Strategi Klaster
Ada 5 proses dalam cluster Strategi Aplikasi. Aplikasi hidup lebih lama dari yang diharapkan. Sistem, fungsi, konsep dan struktur sistem informasi tetap stabil selama bertahun-tahun. Pengetahuan ini jarang digunakan. Adalah penting bahwa, sambil mempertahankan dan meningkatkan sistem, ada pandangan yang jelas diperlukan, apa tuntutan yang di masa depan, dan berdasarkan itu, apa dan bagaimana masa depan aplikasi ini akan terlihat seperti. Pandangan ini, strategi manajemen aplikasi, dibuat dalam cluster Strategi Aplikasi. Proses dalam cluster ini antara lain sebagai berikut:
  1. IT Perkembangan Strategi
  2. Organisasi Strategi pelanggan
  3. Strategi Lingkungan pelanggan
  4. Aplikasi Manajemen Siklus Hidup
  5. Aplikasi Manajemen Portofolio 
Aplikasi Manajemen Strategi Organisasi Cluster


Ada 5 proses dalam cluster Manajemen Aplikasi Strategi Organisasi. Juga masa depan organisasi Manajemen Aplikasi, dengan aspek keterampilan dan kemampuan, pasar dan pelanggan, sangat penting. Membuat strategi manajemen organisasi ini adalah tujuan dari Manajemen Aplikasi Strategi Organisasi cluster. Proses dalam cluster ini antara lain sebagai berikut:
  1. Akun dan Definisi Pasar
  2. Kemampuan Definisi 
  3. Teknologi Definisi
  4. Pemasok Definisi
  5. Jasa Pengiriman Definition 
Demikian pembahasan singkat mengenai Application Service Library yang telah saya paparkan. Apabila ada kesalahan dalam penulisan maupun pengertian, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga artikel saya mengenai Application Service Library ini dapat bermanfaat bagi yang telah membaca. Terima kasih.


Komentar