Cara Pembuatan Animasi Stickman Menggunakan Macromedia Flash 8

Ada tahapan-tahapan cara membuat animasi stickman menggunakan software macromedia media 8, seperti di awal tugas sofskill kelompok saya membuat animasi stickman menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8, adapun cara-caranya ialah sebagai berikut: 
  • Kita harus mengenal atau mengetahui Fitur dan Menu yang ada pada Software Macromedia Flash Media 8
Kenapa hal yang satu ini termasuk penting di dalam pembuatan Animasi Stickman? Karena pada semua Software maupun Aplikasi tentunya mempunyai kelebihan, Khususnya di bagian Menu terdapat sub-sub yang mempunyai fungsinya masing-masing, Menu yang ada di dalam Software Macromedia Flash 8 adalah File, Edit, View, Insert, Modify, Text Commands, Control, Window & Help. Jika kita belum mengetahui tentang kegunaan Menu di setiap masing-masing fungsi, itu percuma, kita akan kesulitan untuk membuat Animasi Stickman.
  • Setelah Mengetahui Fitur dan Menu, Lanjut Ke Pembuatan Animasi 
Pada step ini, akan dijelaskan cara pembuatan animasi stickman. Langkah yang pertama adalah dengan membuka software Macromedia Flash 8, Klik Flash Document:

Langkah pertama

Langkah yang kedua, agar membuat animasi stickmannya dapat berjalan atau bergerak, kita dapat menggunakan fitur rectangle tool, lalu beri nama pada layer agar mudah apabila ingin dicari jika terjadi kesalahan, kekurangan, ataupun jika ingin ditambahkan:

Langkah kedua

Langkah yang ketiga adalah membuat fisik dari stickman-nya menggunakan Tool "Line Tool" dan juga "Oval Tool.

Langkah ketiga

Langkah yang keempat adalah apabila fisik stickman selesai dibuat, maka langkah selanjutnya adalah dengan meng-klik "Selection Tool", klik kanan dan langsung pilih Convert to Symbol, seperti dibawah ini:

Langkah keempat

Langkah yang kelima adalah agar animasi stickman-nya dapat bergerak, klik kanan pada "Layer Stickman", Klik Insert Keyframe, sesudah itu kalian dapa t mengedit arah bergerak dengan beberapa frame, dengan menarik bagian tubuh animasi stickman yang ingin digerakkan menggunakan "Selection Tool".

Langkah kelima

Langkah yang keenam adalah jika kalian sudah merasa cukup untuk membuat animasi stickman bergerak dengan banyak frame, selanjutnya klik tool drag sampai batasnya. Lalu klik kanan, pilih "Insert Keyframe". Step selanjutnya, klik kanan pada Frame lalu klik "Create Motion Tween".

Langkah keenam

Langkah ketujuh

Create Motion Tween merupakan langkah yang terakhir untuk menerapkan atau memastikan Animasi Stickman yang telah di edit menjadi banyak Frame seperti dibawah ini:
 
Langkah kedelapan

Komentar