“SISTEM INFORMASI UNTUK
TUKANG OJEK”
Disusun Oleh :
Bayu Noviantri
Fernando Lawrence
Moch. Sean Alrenzha
Shafwan
Alfiadin Deza
2KA28
FAKULTAS
ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
Mata
Kuliah : Inovasi Sistem Informasi & Teknologi Informasi Modern#
Dosen
: Ericks Rachmat Swedia, ST, MMSI
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR..........................................................................................3
BAB I PENDAHULUAN...................................................................................4
1.1
Latar Belakang .................................................................................4
1.2
Rumusan Permasalahan ...................................................................5
1.3
Tujuan Penulisan ..............................................................................5
BAB II
PEMBAHASAN....................................................................................6
2.1 Pengertian Uber Ojek........................................................................6
2.2 Sistem Bagi Hasil..............................................................................7
2.3 Kelebihan dan Kekurangan Pengguna
uberMOTOR........................8
2.4 Sistem Pemesanan uberMotor...........................................................9
BAB III PENUTUP...........................................................................................10
3.1 Kesimpulan...................................................................... ..........................10
3.1
Saran...........................................................................................................10
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................11
Kata
Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena
dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan
makalah tentang Sistem Informasi Tukang Ojek (Uber ini dengan baik meskipun
banyak kekurangan didalamnya. Dan juga kami berterima kasih pada Bapak Ericks
Rachmat Swedia, ST, MMSI. selaku Dosen mata kuliah Inovasi SI & Teknologi
Informasi Modern#. yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
Kami sangat berharap makalah ini dapat
berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai Sistem
Informasi Ojek Online dan rinciannya secara menyeluruh, dan juga bagaimana
mengenal sejarah-sejarah tentang Uber. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di
dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab
itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang
telah kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang
sempurna tanpa saran yang membangun.
Semoga makalah sederhana ini
dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah
disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya.
Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang
berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di
masa depan.
Bekasi,23
November 2016
Penyusun
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Awal mula terbentuknya Uber ialah
bermula dari Travis Kalanick, yang
merupakan seorang pengusaha muda yang masuk sebagai 4 wirausaha muda terkaya di
Amerika Serikat yang berusia di bawah 40 tahun, versi Majalah Forbes tahun 2015
dengan total kekayaan $ 6.2 Billion. Saat ini, pria kelahiran 6 Agustus 1976
ini menjadi Cofounder and CEO, Uber TechnologiesInc.
Travis sebenarnya bukan dari keluarga yang kaya,
ayahnya ialah teknisi dan ibunya hanya seorang pedagang di Los Angeles. Sejak
kecil ia dikenal sebagai sosok pekerja keras karena ia sudah terbiasa menjadi
pengiklan retail untuk Los Angeles Daily News. Kemudian, ia masuk kuliah di
Universitas California, Los Angeles, lalu pada tahun 1998 Travis Kalanick drop out karena ia lebih
memilih menciptakan start up pertamanya yaitu Scour Inc. Meskipun start up ini
mengalami kerugian besar bagi investor, Travis pun pernah dituntut $250 Million
oleh para penyumbang dana tersebut. Kemudian, ia tidak menyerah dengan
mendirikan start up lain bernama RedSwoosh, yaitu sebuah aplikasi berbagi file,
yang pada akhirnya dijual dengan harga $ 19 Million.
Pada Tahun 2008,
Travis Kalanick berkunjung ke Paris untuk mengunjungi konferensi LeWeb dan di
sana ia bertemu dengan Garrett Camp, yang merupakan salah satu inisiator
kelahiran Uber. Pada saat itu, mereka kesulitan mendapatkan taksi, kemudian
Garrett memiliki ide bagaimana memecahkan masalah dalam mendapatkan taksi dan
Ide inilah asal muasal dari aplikasi Uber. Awalnya Garrett dan Travis setuju
untuk membagi biaya pengemudi, mobil Mercedes S Class dan sebuah tempat parkir
di garasi. Lalu penumpang akan bisa menelusuri kota San Fransisco menggunakan
aplikasi Uber di iphone.
Kemudian pada tahun 2009, layanan UberCap diluncurkan di San Fransisco
dengan konsep bisnis aplikasi penyewaan limosin. Dalam UberCap, penumpang dapat
menikmati indahnya kota San Fransisco dengan gaya mewah. Sekarang Uber sudah
beroperasi di lebih dari 100 kota dan bersaing dengan taksi konvesional di 59
negara di dunia dan tidak terkecuali di Indonesia. Saat ini Uber memiliki 6
pilihan kendaraan: Taxi, UberBlack- (SUV, LUX) UberX, Uber Motor dan juga
memiliki sejumlah produk pengiriman.
1.2 Rumusan Masalah
A. Bagaimana
perkembangan ojek online di Indonesia?
B. Apa tanggapan
Pemerintah terhadap kehadiran ojek online?
C. Bagaimana dampak ojek online
terhadap pengangguran dan kemiskinan?
1.3 TUJUAN
Berdasarkan rumusan masalah yang akan penulis bahas, tujuan dari
penelitian ini adalah :
- Untuk mengkaji dan memahami perikatan antara pengguna jasa dalam Penyedia Jasa Uber yang menggunakan sistem daring menurut sistem hukum di indonesia.
- Untuk mengkaji dan memahami bagaimana pertanggungjawaban perusahaan uber,pemilik rental mobil dan supir Uber terhadap pengguna jasa apabila terjadi kerugian pada penggunaan jasa.
BAB II ISI
Inilah Sistem Bagi Hasil
Uber Motor Jakarta
Uber Motor yang telah meluncur di Jakarta
semakin memperketat persaingan bisnis di dunia ojek online. Hal ini tentu saja
akan membuat para driver ojek online harus siap untuk berebut order dari para
pelanggan mengingat banyaknya driver ojek oline.
Di sisi lain, kehadiran Uber Motor Jakarta juga memberi kesempatan baru bagi para pencari kerja atau siapa saja yang ingin menjadi driver ojek online untuk bergabung menjadi driver Uber Motor.
Di sisi lain, kehadiran Uber Motor Jakarta juga memberi kesempatan baru bagi para pencari kerja atau siapa saja yang ingin menjadi driver ojek online untuk bergabung menjadi driver Uber Motor.
Menjamurnya Bisnis Ojek
Online
Di zaman
sekarang ini segala sesesuatunya
pun sudah serba modern. Hal tersebut terjadi dengan seiring berkembangnya
kecanggihan teknologi saat ini terutama
dalam teknologi ponsel
Bisnis sangat identik dengan sebuah usaha yang
dilakukan oleh seseorang yang saling terjalin dalam kerjasama dengan orang lain
dalam menjalankan usaha.
Zaman semakin canggih,teknik berbisnis pun juga
ikutan semakin canggih pula.salah satu bukti dari kecanggihan teknologi
tersebut juga berdampak dalam bidang bisnis
Sistem Bagi Hasil Uber
Motor
Untuk anda yang nanti
bergabung menjadi driver Uber Motor, berikut ini gambaran tentang bagi hasil
Uber Motor yang nantinya akan anda dapatkan.
Penyesuaian biaya untuk uberMOTOR, maka perhitungan
tarifnya sbb:
Mulai 17 November 2016, diberlakukan penyesuaian
biaya untuk uberMOTOR dijakarta dan sekitarnya.
- Biaya dihitung hanya berdasarkan biaya per Km dan akan berubah setelah 12 Km
- Biaya pembatalan setelah 5 menit : Rp. 5.000
- Biaya Awal: Rp. 1.000
- Biaya Per Menit : Dihilangkan
- Biaya Minimum Rp. 5.000
- Biaya Per Km: Rp. 1.250
- Biaya Per Km setelah 12 Km: Rp 2.000
Kelebihan dari pengguna
uberMotor
- Untuk jarak dekat, Uber lebih murah dibandingkan dengan penyedia jasa transportasi online lainnya.
- Untuk Pengguna Pertama Uber memberikan Promo sebesar Rp. 35.000 untuk pembayaran TUNAI (CASH) dan Rp. 50.000 untuk pembayaran KREDIT. Keduanya melalui Kode Promo sesuai yang diberikan atau lewat Pengguna Uber lainnya.
- Pembayaran dengan Tunai, Kartu Kredit atau Debit.
- Driver uberMotor sudah banyak memakai Atribut yang sudah diterapkan.
- Driver yang Ramah dan Baik.
- Pemesanan Mudah dan cepat direspon.
- Untuk Tarif uberMOTOR dan uberX harga estimasi nya sudah tetap harganya,jadi tidak bertambah apabila Macet atau ada kendala lainnya.
- UberMotor sudah Ramai dari setiap bulannya.
- Tidak terikat waktu.
Kekurangan dari pengguna
uberMotor
- Jika sedang Skema perkalian 1,5 – 1,7 maka tarif akan bertambah biaya nya sesuai lokasi yang sudah ditentukan Skemanya.
- Untuk Tarif uberBlack estimasi biaya nya dapat masih berjalan argonya.
- Untuk respon kadang sesuai Drivernya,ada yang responnya cepat dan ada yang lama meresponnya.
- Jarang ada Promo untuk Pengguna Uber.
- Masih ada beberapa persen Driver uberMotor masih belum menggunakan Atribut yang sudah ditetapkan.
- Terkadang suka error.
- Tidak bisa PP (Pulang Pergi).
Sistem Pemesenan
uberMotor
- Pertama tama kita lakukan Pick Up Location yaitu untuk alamat Penjemputan. contoh, Universitas Gunadarma Kampus J1
- Destination Required (Isi alamat tujuan)
- Pembayaran bisa Melalui Cash dan Kredit.
- Destination Required ( alamat Tujuan ) kita set atau atur alamat tujuan kita ke Kampus Universitas Gunadarma J4. Untuk confirmation detail nya sudah tercetak di applikas i tersebut. Dan untuk biaya sudah tercantum yaitu sebesar IDR8.500 TOTAL FARE. Pembayaran melalui CASH . Setelah itu Request uberMOTOR . nanti ktia akan menunggu Drivernya.
BAB III PENUTUP
Kesimpulan:
Dengan kehadiran ojek online UBER berbasis aplikasi di
Indonesia menghadirkan berbagai macam polemik dan pandangan dari setiap orang.
Tapi menurut hasil penelitian yang dilakukan BPS, terlihat bahwa hadirnya ojek
berbasis aplikasi ini menjadi salah satu
faktor penurunan angka pengangguran dan kemiskinan di DKI Jakarta, hal ini
tidak terlepas dari dibukanya lapangan kerja yang banyak untuk para driver
ojek. Sangat banyak penduduk yang pengangguran
kini bekerja sebagai ojek online karena melihat keuntungan yang diraih menjadi
driver ojek online. Meskipun mendapat
kecaman baik dari pemerintah ataupun dari ojek konvensional, namun secara
perlahan keberadaan ojek online ini kini mendapatkan perhatian dimasyarakat. Cukup banyak masyarakat yang beralih ke ojek
online disebabkan cara pemesanannya yang mudah dan tentunya lebih menghemat
waktu dan harganya terjangkau.
Saran :
Dengan hadirnya ojek online mampu menjadi salah satu
faktor penurunan angka kemiskinan di DKI Jakarta saat ini. Namun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga
harus mencetak lapangan kerja yang besar
disektor formal agar masyarakat memiliki penghasilan yang cukup sehingga
angka kemiskinan juga nantinya berkurang secara perlahan. Selain itu, dukungan
juga harus diberikan kepada pelaku usaha kecil menengah baik berupa dana
ataupun lokasi penjualan agar kreatifitas yang dimiliki oleh masyarakat tidak
terbuang secara sia-sia.
Daftar
pustaka:
- http://www.cosmogirl.co.id/artikel/read/8698/Pilih-Gojek-Grab-Atau-Uber-Ini-Kelebihan-dan-Kekurangannya
- https://newsroom.uber.com/indonesia/memperkenalkan-ubermotor/
- http://www.kompasiana.com/intanselni/asal-muasal-aplikasi-uber-dibuat-mau-tahu_56fdedb23297738805aabf4b
- http://www.nguber.net/2016/08/uber-motor-adalah.html
- http://irvancivil19.blogspot.co.id/2016/01/polemik-kehadiran-ojek-online-serta.html
Komentar
Posting Komentar