Aplikasi
Layanan Perpustakaan (ASL) merupakan kerangka kerja domain publik dari praktik
terbaik yang digunakan untuk standarisasi proses dalam Aplikasi Manajemen,
disiplin memproduksi dan memelihara sistem informasi dan aplikasi. Istilah
"perpustakaan" digunakan karena ASL disajikan sebagai satu set buku
yang menggambarkan praktik-praktik terbaik dari industri TI. Hal ini dijelaskan
dalam beberapa buku dan artikel (kebanyakan dari mereka hanya tersedia dalam bahasa
Belanda) dan di situs resmi ASL BiSL Foundation.
Kerangka
ASL dikembangkan karena ITIL, dipeluk oleh departemen infrastruktur TI,
terbukti tidak memadai untuk Manajemen Aplikasi. Pada waktu itu, ITIL tidak
memiliki pedoman khusus untuk aplikasi desain, pengembangan, pemeliharaan dan
dukungan. Versi ITIL baru, terutama V3, semakin membahas Pengembangan Aplikasi
dan Aplikasi Manajemen domain; ASL BiSL Foundation telah menerbitkan sebuah
kertas putih membandingkan ITIL v3 dan ASL.
ASL dikembangkan pada akhir tahun 90an di
Belanda, awalnya sebagai model R2C proprietary yang berkembang menjadi ASL
pada tahun 2000. Pada tahun 2001, disumbangkan oleh IT Service Provider
PinkRoccade ke ASL Foundation, sekarang ASL BiSL Foundation. Versi ASL2
diterbitkan pada tahun 2009.
Tujuan Application Service Library
ASL2
ini dimaksudkan untuk mendukung Manajemen Aplikasi dengan menyediakan
alat-alat. Dua kategori utama bantu didefinisikan sebagai berikut:
- Deskripsi dari proses untuk Manajemen Aplikasi. Ditambah penggunaan praktek-praktek terbaik.
- Terminologi standar, menghindari perangkap berbicara tentang topik yang berbeda saat menggunakan kata-kata yang sama.
Ada
4 proses dalam cluster Dukungan Aplikasi. Proses dalam cluster Organisasi
Layanan mendukung penggunaan sehari-hari dari sistem informasi. Proses dalam
cluster ini ialah sebagai berikut:
- Use Support
- Configuration Management
- IT Operation Management
- Continuity Management
Aplikasi Pemeliharaan dan Renewal Cluster
Ada
5 proses dalam Pemeliharaan Aplikasi dan Renewal cluster. Dalam cluster ini,
mayoritas pekerjaan Pengembangan Aplikasi dilakukan. Sebagian besar karya
Manajemen Aplikasi berkaitan dengan merancang, pemrograman dan juga pengujian
aplikasi dan sistem informasi. Proses tersebut antara lain sebagai berikut:
- Dampak analisis
- Desain
- Realisasi
- Pengujian
- Pelaksanaan
Tingkat Strategis
Aplikasi
Strategi Klaster
Ada
5 proses dalam cluster Strategi Aplikasi. Aplikasi hidup lebih lama dari yang
diharapkan. Sistem, fungsi, konsep dan struktur sistem informasi tetap stabil
selama bertahun-tahun. Pengetahuan ini jarang digunakan. Adalah penting bahwa,
sambil mempertahankan dan meningkatkan sistem, ada pandangan yang jelas
diperlukan, apa tuntutan yang di masa depan, dan berdasarkan itu, apa dan
bagaimana masa depan aplikasi ini akan terlihat seperti. Pandangan ini,
strategi manajemen aplikasi, dibuat dalam cluster Strategi Aplikasi. Proses
dalam cluster ini antara lain sebagai berikut:
- IT Perkembangan Strategi
- Organisasi Strategi pelanggan
- Strategi Lingkungan pelanggan
- Aplikasi Manajemen Siklus Hidup
- Aplikasi Manajemen Portofolio
Aplikasi Manajemen Strategi Organisasi Cluster
Ada
5 proses dalam cluster Manajemen Aplikasi Strategi Organisasi. Juga masa depan
organisasi Manajemen Aplikasi, dengan aspek keterampilan dan kemampuan, pasar
dan pelanggan, sangat penting. Membuat strategi manajemen organisasi ini adalah
tujuan dari Manajemen Aplikasi Strategi Organisasi cluster. Proses dalam
cluster ini antara lain sebagai berikut:
- Akun dan Definisi Pasar
- Kemampuan Definisi
- Teknologi Definisi
- Pemasok Definisi
- Jasa Pengiriman Definition
Demikian pembahasan singkat mengenai Application Service Library yang telah saya paparkan. Apabila ada kesalahan dalam
penulisan maupun pengertian, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Semoga artikel saya mengenai Application Service Library ini dapat bermanfaat bagi yang telah membaca.
Terima kasih.
referensi:
Komentar
Posting Komentar