Pengertian Virtual Reality
Virtual
reality terdiri dari dua kata yaitu virtual dan reality yang berarti maya dan realitas.
Virtual reality merupakan teknologi yang dapat berinteraksi dengan suatu
lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. Dalam teknisnya, virtual reality
digunakan untuk menggambarkan lingkungan tiga dimensi yang dihasilkan oleh
komputer dan juga dapat berinteraksi dengan seseorang.
Sejarah Singkat VR
Morton
Heilig menulis pada tahun 1950-an tentang "Teater Pengalaman" yang
dapat meliputi semua indera dengan suatu cara efektif, sehingga menarik
penonton ke dalam kegiatan di layar. Ia membangun suatu prototipe dari visinya
yang di namakan “Sensorama” pada tahun 1962 bersama dengan lima film pendek
untuk dipertunjukkan di dalamnya sembari melibatkan berbagai indera
(penglihatan, pendengaran, penciuman, dan sentuhan). Mendahului komputasi
digital, Sensorama merupakan sebuah alat mekanis, yang dilaporkan masih
berfungsi hingga hari ini. Pada tahun 1968, Ivan Sutherland, dengan bantuan
dari siswanya Bob Sproull, menciptakan apa yang secara luas dianggap sebagai
pendahulu Realitas maya dan sistem Diplay Terjulang di Kepala reality augmented
(Head-mounted Augmented Reality). Alat itu primitif baik dalam kaitan dengannya
alat penghubung pemakai dan realisme, dan HMD untuk dikenakan oleh pemakai
sangatlah berat sehingga harus digantungkan dari, dan grafiknya yang berisikan
lingkungan maya ialah sebuah wireframe sederhana. Penampilan alat yang hebat
mengilhami nama nya, Pedang Damocles. Juga terkemuka di antara hypermediadan sistem
Realitas maya yang lebih awal adalah Peta Bioskop Aspen, Yang telah diciptakan
pada MIT pada tahun 1977. Program adalah suatu simulasi kasar tentang kota
Aspen di Colorado. Di sana para pemakai bisa mengembara dalam salah satu dari
tiga gaya: musim panas, musim dingin, dan poligon. Dua hal pertama itu telah
didasarkan pada foto dan para peneliti benar-benar memotret tiap-tiap
pergerakan yang mungkin melalui panggangan jalan kota besar dalam musim
kedua-duanya dan yang ketiga ialah suatu model dasar 3D kota besar . Di
penghujung tahun 1980 istilah "Realitas maya" telah dipopulerkan oleh
Jaron Lanier, salah satu pelopor modern dari bidang tersebut. Lanier yang telah
mendirikan perusahaan VPL Riset dari tahun 1985, yang mengembangkan dan membangun
sistem "kacamata hitam dan sarung tangan" yang terkenal pada dasawarsa
tersebut.
6
Bidang Kegunaan dari Penggunaan Perangkat Virtual Reality (VR)
- Bidang Media dan Hiburan (Game, Simulasi Lingkungan)
- Bidang Medis dan Kedokteran (Anatomi Tubuh Manusia)
- Bidang Militer (Perang)
- Bidang Transportasi (Simulasi Pesawat Komersial dan Pesawat Tempur)
- Bidang Teknik dan Otomotif (Mendesain Mobil)
- Bidang Ekonomi (Promosi Barang Pajangan/Display)
Contoh produk VR yang di ada di pasaran
- Sony Playstation VR
Kacamata VR ini adalah Sony Playstation VR. Produk ini
dirilis pada tahun 2016, menggunakan layar LCD 5 inch yang terbuat dari
prototipe asli, dan sudah dibekali teknologi kemampuan refresh rate 120Hz
berfungsi untuk membuat game yang ada pada konsol PS bisa lebih nyata. Dengan
fitur-fitur diatas akan mambuat kamu nyaman memakainya. Harga Sony Playstation
VR ini berada antara Rp. 5-6 jutaan.
- HTC Vive
Produk
ini merupakan besutan dari HTC dan Valve. VR ini dirilis tidak banyak atau limited
edition. Kacamata ini juga menawarkan 70 sensor dan head-tracking sampai 360
derajat, yang artinya kamu dapat berputar-putar layaknya sedang di dunia nyata,
padahal itu hanya game. Refresh rate yang diberikan hanyalah sebesar 90Hz, tapi
juga memiliki low latency dan context aware controller yang memungkinkan kamu
untuk bergerak, menembak dan bisa melakukan apapun di dunia virtual itu. Harga
VR ini dijual dengan harga 799 USD atau sekitar Rp. 10 jutaan.
- Oculus Rift
Kacamata
VR ini sudah dibekali dengan gambar visual yang lebih realistis. VR ini dapat
dihubungkan ke DVI dan port USB pada PC / Laptop kamu. Bisa melacak gerakan
kepala kamu untuk dihubungkan ke 3D dan menyalurkan audio yang sangat jelas. VR
ini di desain dengan optik yang tepat sehingga kamu bisa lebih fokus. Harga
dari VR Oculus Rift ini yaitu sekitar Rp. 14 jutaan.
- LG 360 VR
Selanjutnya
yaitu produk besutan dari LG yaitu LG 360 VR Headset. Fitur yang menarik di VR
ini adalah kamu tidak perlu menyisipkan smartphone karena akan terhubung dengan
USB-C. Harga LG 360 VR ini berada pada kisaran sekitar Rp 3 jutaan.
-
Samsung Gear VR
Selanjutnya
yang paling populer dipasaran yaitu Samsung Gear VR. Kacamata ini termasuk yang
paling terbaik dan kompatibel dengan smartphone. Tampilan visual yang nyata
sehingga bisa menjanjikan saat digunakan untuk bermain game atau hanya untuk
menonton film. Dibekali dengan slot lensa yang menjadi tempat micro USB dan
samsung juga mengungsung layar super AMOLED untuk Gear VR ini. Harga VR ini
berkisar Rp. 1 jutaan.
Itulah
pembahasan singkat mengenai Virtual Reality yang telah saya paparkan. Apabila ada kesalahan dalam
penulisan maupun pengertian, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Semoga artikel saya mengenai Virtual Reality ini dapat bermanfaat bagi yang telah membaca.
Terima kasih.
referensi:
Komentar
Posting Komentar